Jumat, 27 Mei 2016

Dapat Penghargaan Bejibun Tidak Menolong Penjualan Suzuki


Kali ini aku akan membahas tentang tidak berpengaruhnya penghargaan yang diterima oleh pabrikan Suzuki untuk tahun 2016 ini. Entah penghargaan tersebut didapat dengan cara membeli kepada media yang memberikan penghargaan tersebut atau memang benar - benar Suzuki layak mendapatkan penghargaan tersebut dengan segala kehebatan motornya.

Yang bikin aku ketawa terbahak - bahak adalah penghargaan the best fuel consumption kategori bebek sport 150cc motor plus award. Di dalam artikel pengetesan konsumsi bensin New Sonic lebih irit dibandingkan Satria FU150 FI versi kakak motor plus yaitu tabloid Otomotif. Lah kok selalu beda pengujian antara kakak beradik media ini.


Hebatnya, Suzuki Address yang saat ini dipandang sebelah mata mendapatkan penghargaan performa terbaik dan konsumsi bensin terbaik atau paling irit. Tapi apakah setelah mendapatkan penghargaan tersebut penjualan Suzuki Address menjadi meningkat..?? Penghargaan cuma sekedar penghargaan tidak dapat menolong penjualan motor Suzuki dari keterpurukan. Konsumen butuh kepercayaan bahwa Suzuki masih akan terus berjualan di Indonesia, saat ini mereka khawatir perusahaan akan gulung tikar karena tidak jualan.

Meskipun banyak mendapatkan penghargaan tidak akan menolong penjualan Suzuki, apalagi jurinya bukan malaikat yang ngerti dengan duit, mana konsumen bisa percaya jika seperti itu. Konsumen mungkin bisa lebih percaya apabila Suzuki lebih memperhatikan perbaikan penyediaan suku cadang dan bengkel resminya yang pada tutup semua.

Menurut aku sendiri, Suzuki jangan terlalu menganak emaskan media, karena promosi yang lebih efektif adalah langsung terjun ke masyarakat dengan even - even seperti grebek pasar, traffic show room, servis gratis dll. Koplaknya lagi kadang Suzuki buat even dangdutan di mall - mall yang pengunjungnya rata - rata ingin shoping kebutuhan pribadinya, bukan untuk membeli motor.

Sekarang coba menejemen Suzuki hitung berapa traffik pengunjung media yang mengarah ke keyword Suzuki. Berapa banyak visitor yang mencari informasi tentang Suzuki, percuma saja jika traffik pengunjung jengat tapi yang dicari informasi tentang perusahaan tetangga. Lebih fokus jika Suzuki promosi langsung ke bawah seperti di area perumahan, support even - even di lingkungan perumahan dan komunitas.